Kombini : Mini Market Sakti di Jepang

Ketika mendengar kata kombini, mungkin sebagian orang yang pernah berkunjung atau menetap di Jepang sudah sangat familiar dengan tempat ini. Untuk yang belum pernah dan mungkin mempunyai rencana untuk berkunjung ke Jepang, berikut akan saya jabarkan mengapa saya mencantumkan kata ‘sakti’ pada judul artikel ini.

Sebelum saya menjelaskan kesaktian kombini di Jepang, ada baiknya saya jelaskan secara singkat terlebih dahulu apa itu kombini.

Kombini (コンビニ) – yang diambil dari sebuah kata dalam bahasa Inggris convenient merupakan singkatan dari convenient store (コンビニエンスストア) – adalah mini market yang dapat dengan mudah ditemui di Jepang, mulai dari di kota-kota besar sampai pelosok-pelosok daerah. Kombini di Jepang terdiri dari beberapa macam, yaitu 7 eleven, family mart, circle K, dan Lawson. Mungkin masih ada beberapa mini market lainnya yang saya kurang familiar tapi empat kombini inilah yang paling banyak tersebar dan mudah ditemui di banyak tempat di Jepang, terutama di kota-kota besar seperti di Tokyo, Osaka, Nagoya, Hiroshima, dan lain-lain. Bahkan terkadang di tempat-tempat wisata tertentu di kota-kota tersebut bisa ditemui dua atau tiga kombini yang letaknya berdekatan. Mungkin ini disebabkan karena banyaknya populasi yang ada di daerah tersebut sehingga beberapa kombini ditempatkan berdekatan agar mereka dapat membeli kebutuhan mereka di kombini lainnya jika kombini yang mereka tuju penuh atau tidak menyediakan barang yang mereka cari. Ini merupakan kesimpulan saya sendiri karena saya mengalaminya ketika saya berkunjung ke sebuah daerah yang padat penduduk di Tokyo yang juga merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan domestic dan mancanegara. Dalam radius hanya sekitar 50-75 meter terdapat tiga buah kombini yang letaknya berdekatan dan ketiga kombini itu dipenuhi pengunjung. Saya masuk ke salah satu kombini tapi tidak medapatkan apa yang saya cari lalu saya masuk ke kombini yang terletak disebelahnya dan akhirnya saya mendapatkan apa yang saya inginkan.

Mengapa kombini di Jepang sakti? Apa saja sih yang bisa kita dapatkan di kombini-kombini itu? Berikut merupakan hal-hal yang bisa kamu dapatkan di kombini-kombini di Jepang:

  1. Makanan dan Minuman. Mungkin untuk poin pertama ini sudah merupakan kewajiban bagi sebuah mini market untuk menyediakan macam-macam makanan dan minuman untuk dijual kepada para pembelinya. Namun yang saya maksud disini adalah makanan dan minuman yang menurut saya benar-benar lengkap ragamnya. Untuk makanan, di sini tersedia macam-macam makanan seperti kue, roti manis, roti tawar, snacks, coklat, kacang-kacangan, permen, makanan instan, telur, dan buah-buahan. Untuk ragam minuman, kita bisa membeli minuman-minuman seperti yogurt, kopi, teh, susu dan jus kemasan kotak dengan berbagai macam rasa (penyajian panas atau dingin), minuman botol (air mineral, air karbonat, jus, teh, soda dengan penyajian hangat atau dingin) serta minuman-minuman kaleng dan alkohol dengan beragam kadar. Ada juga es krim dengan beberapa merk yang di jual di situ.
  2. Keperluan Harian. Yang dimaksud dengan keperluan harian di sini adalah barang-barang utama yang banyak kita gunakan sehari-hari seperti sikat gigi, pasta gigi, pencukur jenggot, baju dalam, kaos kaki, dan lain-lain. Untuk barang-barang keperluan harian yang dijual di kombini menurut saya tidak jauh berbeda dengan yang dijual di mini market di Indonesia.
  3. Bento. Untuk meghemat waktu – walaupun tidak setiap hari, banyak para pekerja baik orang Jepang atau orang asing yang membeli sarapan, makan siang dan makan malam mereka di kombini. Bento juga menjadi makanan yang paling banyak dicari oleh para traveler. Itulah sebabnya kalau bepergian di Jepang tidak usah khawatir memikirkan bagaimana untuk mendapatkan makan, karena di kombini banyak terdapat ragam bento yang dijual. Bento yang dijual di kombini juga merupakan hal yang paling saya suka ketika bepergian di Jepang. Mengapa? Karena selain banyak ragamnya, bento-bento ini juga praktis untuk dibawa sehingga bisa dimakan kapan saja pada saat bepergian. Ragam bento di kombini seperti sushi, onigiri, mie udon dan soba, spaghetti, makaroni, nasi dan macam-macam lauk-pauk, nasi goreng, salad, telur rebus, nasi putih dan lauk-pauk yang dijual terpisah. Bento-bento kemasan seperti macaroni, nasi dan lauk-pauknya juga bisa dipanaskan di microwave pada saat kita membayar di kasir. Biasanya kasir akan menawarkan apakah makanan tersebut ingin dipanaskan atau tidak. Sebuah pelayanan yang maksimal yang disediakan di kombini, bukan? Namun, jika kamu seorang muslim seperti saya, ada baiknya mempelajari beberapa kanji yang harus diketahui agar tidak salah dalam membeli bento atau makanan dan minuman lainnya. Namun begitu, meskipun tingkat efektif dan rasa yang enak yang ditawarkan bento-bento yang dijual di kombini menggoda kita untuk sering berbelanja, akan lebih baik jika kamu masak sendiri untuk makanan sehari-harimu, karena jika kamu sering membeli bento di kombini – misalnya setiap hari selama seminggu membeli bento untuk 2-3 kali makan – dijamin kamu akan menghabiskan banyak uang yang sebenarnya bisa kamu pakai untuk berbelanja kebutuhan dapurmu sebulan. 
  4. Mesin Fotokopi. Ini juga salah satu keistimewaan kombini di Jepang. Mereka menyediakan mesin foto kopi untuk para pengunjung yang ingin menggandakan berkas atau dokumen mereka. Tapi jangan harap pelayan atau kasirnya akan melayani kamu menggandakan berkasmu, ya! Di sini kamu harus bisa mandiri dan melakukan semuanya sendiri. Kalaupun kamu belum tahu cara bekerja mesinnya, pelayan atau kasirnya akan memberitahukan caranya lalu kemudian kamu lakukan sendiri. Sebelum menggandakan berkasnya, kamu harus memasukkan sejumlah uang untuk berkas yang akan kamu gandakan ke dalam mesin uang di mesin fotokopi tersebut. Kemudian kamu bisa menggandakan berkasmu dan mendapatkan uang kembaliannya pada saat kamu selesai dengan berkasmu. Praktis, bukan?
  5. Majalah, Komik, dan Surat Kabar. Biasanya pojok ini terdapat di dekat pintu kombini. Karena di negara ini komik-komik vulgar (yang cenderung ke arah pornografi) tidak dilarang diterbitkan dan diperjualbelikan, maka jangan heran jika dideretan ini akan kamu lihat komik-komik untuk dewasa selain surat kabar dan majalah lainnya. Namun, pembebasan adanya komik atau majalah dewasa di negeri ini juga sudah dilengkapi dengan langkah dan tindakan antisipasi untuk mencegah terjadinya kejahatan seksual di negeri ini. Pembeli komik dan majalah dewasa harus berusia di atas 18 tahun dan untuk keamanan negara dari kejahatan seksual, warga negara Jepang sudah dididik dan ditanamkan sejak dini sikap disiplin dan rasa tanggung jawab serta kemandirian individunya. Warga Jepang diharuskan mandiri dan tidak menyusahkan orang lain dan memiliki sifat empati antar sesama dan menghormati hak dan milik orang lain.     
  6. ATM dan Mesin Pembayaran Online. Di dalam kombini biasanya terdapat 1 mesin ATM yang bisa dipakai untuk mengambil uang oleh para nasabah dari macam-macam bank, namun satu kali transaksi akan dikenakan biaya administrasi sekitar ¥108-308 tergantung kartu ATM atau VISA yang kita gunakan. Selain sebuah mesin ATM, kecuali kombini 7 eleven, terdapat sebuah mesin pembayaran online dimana kita bisa melakukan transaksi pembelian dan pembayaran online untuk berbagai macam tiket, seperti tiket pesawat, bus dan tiket masuk ke tempat wisata yang ada di Jepang, seperti Universal Studio Jepang (USJ) di Osaka dan Museum Doraemon di Tokyo. Selain membeli tiket-tiket tersebut, kita juga bisa melakukan pembayaran untuk barang-barang atau pemesanan bus yang sudah kita lakukan online via internet, misalnya pembayaran amazaon.co.jp dan willerexpressbus.com. Mesin ini disediakan di kombini karena memang sistem pembayaran untuk transaksi online pembelian barang dan pemesanan bus atau tiket pesawat dan lain-lain di sebagian besar tempat dilakukan dengan cara memesan terlebih dahulu untuk kemudian dibayar melalui kombini, kecuali untuk pembayaran hotel yang biasanya dilakukan dengan kartu kredit ketika pemesanan online atau tunai pada saat kedatangan.
  7. Coffee-Maker Machines. Selain ragam minuman yang tadi telah saya jelaskan, di kombini juga terdapat sebuah atau dua buah mesin untuk membuat kopi. Karena bahan-bahan untuk membuat kopi juga disediakan oleh kombini, maka harga minuman ini memang lebih mahal daripada kopi kemasan yang sudah tersedia. Saya sendiri, terus terang, belum pernah mencoba kopi yang langsung dibuat dari mesin pembuat kopi tersebut, tapi setiap kali saya masuk kombini biasanya tercium harum kopi yang memanggil-manggil. Untungnya saya bukan coffee-maniac jadi seharum-harumnya wangi kopi saya tidak tergubris untuk membelinya. :p

Demikianlah penjabaran saya mengenai kesaktian kombini-kombini yang ada di Jepang. Mungkin bagi para penduduk warga asli Jepang atau warga asing yang tinggal di Jepang, masih ada beberapa  hal istimewa lainnya dari kombini-kombini tersebut yang belum saya sebutkan. Untuk itu, saya terbuka untuk masukan dan tambahan untuk tulisan saya ini.

Satu hal yang saya ingin katakana yang mewakili perasaan saya tentang kombini adalah, “I LOVE THE BENTOS in the kombini!”. J

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Jepang untuk pariwisata, jangan khawatir dengan makanan yang akan kamu makan selama perjalanan, nanti kamu bisa membelinya di kombini (jangan lupa untuk mengecek bahan-bahannya terlebih dahulu untuk para muslim), sehingga nanti tidak akan ada perut yang kelaparan selama perjalanan. 😉

Selamat menikmati kesaktian kombini di Jepang!

Salam Onigiri, Makaroni dan Teman-Temannya,

Ina Lestari

Leave a comment